Uang Kuliah Tunggal Universitas Udayana

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan pembayaran jumlah seluruh uang pendidikan selama masa pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri yang kemudian dibagi dengan jumlah semester yang ditempuh. Semester tersebut tergantung pada prodi mahasiswa bersangkutan. UKT bertujuan untuk agar mahasiswa tidak dikenakan pungutan – pungutan lain selama menjalani masa perkuliahan.

Apabila mahasiswa tersebut berada pada prodi S1 selain prodi ilmu kedokteran, UKT yang dikenakan akan dibagi 7 semester. Sedangkan untuk prodi imu kedokteran, UKT yang dikenakan akan dibagi 10 semester. Mengapa 7 semester dan 10 semester? Hal ini dikarenakan rata – rata mahasiswa membutuhkan 7 semester untuk lulus dan untuk prodi ilmu kedokteran memerlukan rata – rata 10 semester.

Yang termasuk dalam pemungutan UKT selain SPP dan SOP yang memang dipungut setiap semesternya adalah SPI, biaya pendaftaran PKKMB dan Student Day, wisuda KKN, serta ada pungutan fakultas seperti biaya SKS Semester Pendek, remedial, yudisium, dan yang lainnya. Semua biaya pendidikan tersebut melebur menjadi satu dan dibagi dengan semester yang ditempuh dan jumlah tersebutlah yang dibayar setiap semesternya tanpa pungutan lainnya.

UKT di Universitas Udayana sendiri akan diterapkan pada mahasiswa baru angkatan 2012. Sedangkan mahasiswa lama tetap memakai sistem yang diterapkan dari awal perkuliahan. Untuk mengetahui UKT Universitas Udayana pada setiap prodinya silahkan download dari link dibawah.

Download : Uang Kuliah Tunggal

 

Comments

comments